Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU): TEKNIK PERGERAKAN KAMERA | TPAV - TEKNIK MENGAMBIL GAMBAR #2

22 Oktober 2020

TEKNIK PERGERAKAN KAMERA | TPAV - TEKNIK MENGAMBIL GAMBAR #2

Teknik Pergerakan Kamera

        Gerakan kamera akan menghasilkan gambar yang berbeda, apabial seseorang kamerawan mengetahui teknik yang dikuasai yaitu teknik pergerakan kamera.  Oleh karenanya dibedakan menjadi berbagai istilah-istilah sebagai berikut.

A. Panning

           Panning, yaitu pergerakan kamera secara horizontal.  Teknik ini memiliki dua jenis gerakan yaitu sebagai berikut. 




1) Pan Right

Pan right yaitu teknik pergerakan kamera dari kiri ke kanan. 


2) Pan Left

Pan left yaitu teknik pergerakan dari kanan ke kiri.



B. Tilting

        Tilting, yaitu teknik pengambilan gambar dengan cara menggerakkan kamera mengikuti arah objek secara vertikal. Teknik ini tidak hanya untuk merekam objek manusia saja, namun benda-benda lain atau apa pun dapat dilakukan dengan teknik ini untuk mendramatisir suasana, agar penonton dibuat penasaran.

Terdapat dua macam teknik tilting, yaitu sebagai berikut.


1) Tilt Up

Tilt up, adalah teknik melakukan pergerakan kamera dari bawah ke atas.

2) Tilt Down

Tilt down merupakan teknik pergerakan kamera dari atas ke bawah.


C. Tracking

        Tracking, yaitu teknik pengambilan gambar yang dimulai dengan cara menggerakkan kamera mendekati objek. Apabila arah pergerakan kamera ke depan menuju objek disebut track in dan sebaliknya jika arah pergerakan kamera ke belakan meninggalkan objek disebut track out. Pergerakan kamera bisa menuju objek bidikam atau melewati di sampingnya. Teknik ini biasanya dilakukan untuk benda-benda bernyawa seperti manusia atau binatang, tetapi tidak menutup kemungkinan juga untuk benda-benda lainnya, tergantung kebutuhan.


D. Fallowing Shoot

        Teknik pengambilan gambar ini dilakukan dengan cara kamera mengikuti kemana objek bergerak. Perekaman bisa diikuti dari belakang, dari samping kiri atau kanan maupun dari depan objek itu sendiri.


E. Zooming Teknik

            Teknik pengambilan gambar dengan cara memutar zoom ke kiri dan ke kanan pada lensa kamera ke arah objek berada. Apabila arah pemutarannya ke kanan berarti mendekatkan objek pada kamera disebut zoom-in dan sebaliknya, jika arah pemutarannya ke kiri, berarti menjauh dari objek disebut zoom-out. Teknik ini biasanya dipakai untuk adegan-adegan yang menimbulkan ketegangan pada aktor yang bermaian, terutama pada objek yang kaget atau terkejut. Teknik ini juga bisa diterapkan pada adegan-adegan dialog dua orang dengan memainkan zoom serta fokus antara keduanya, hingga menimbulkan kekaburan gambar dari salah satu lawan bicaranya.


Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam teknik pengambilan gambar, yaitu sebagai berikut :

  1. Setiap gerak harus memiliki makna yang mendukung kelebihan produk atau karakter. 
  2. Kejelian kamera menampilkan bagian utama dan kelebihan produk atau cara kerja. 
  3. Urutan terjaga kontinuitasnya
  4. Apabila tidak menggunakan tripod atau penyangga kamera, hindari penggunaan zoom in. Sebaiknya kamerawan mendekati objek sebagai pengganti zoont in.
  5. Guna memfokuskan objek (mengarahkan kamera pada satu titik objek tertentu) lakukan zoom in, pastikan objek sudah fokus kemudian zoom out sampai pada posisi kedudukan semula. Selain itu, lakukan perekaman gambar.


Sudut Pengambilan Gambar

Proses pengambilan gambar merupakan kegiatan yang membutuhkan kreativitas sutradara dan kamerawan. Kamerawan yang baik selalu mengambil sudut pengambilan dengan teknik tertentu, agar gambar yang dihasilkan tampak lebih menarik. Kamerawan akan berpindah lokasi untuk mendapatkan sudut pengambilan gambar (angle) dan komposisi gambar yang variatif, sehingga sekuel gambar tampak lebih hidup dan dinamis. Berikut ini merupakan beberapa angle dalam pengambilan gambar gerak, yaitu sebagai berikut  :

  1. Dutch angle, pengambilan gambar miring. Biasanya digunakan untuk meng- gambarkan ketidakstabilan emosi.
  2. Worm angle/mata cacing, yaitu teknik pengambilan gambar di mana kamera persis diletakkan di atas tanah.
  3. Crazy angle, yaitu posisi kamera bergerak tidak beraturan.
  4. Change focus, mengubah fokus dari satu objek ke objek lain dalam satu frame.
  5. Circle/circular track, yaitu posisi kamera mengitari objek.
  6. Side shoot, yaitu posisi kamera merekam dari samping dan mengikuti objek yang berjalan.
  7. Extreme top shoot, yaitu posisi kamera mengambil tepat diatas objek (900).
  8. High angle, adalah teknik mengambil gambar dari atas objek.
  9. Eye level, adalah teknik mengambil gambar sejajar dengan mata.
  10. Low angle, adalah teknik mengambil gambar dari bawah objek.

68 komentar:

  1. ALVIRA CECILIA XII MM 1

    Teknik yg diambil belom tau...karna saya suka labil jd blm tau maunya yg mana

    BalasHapus
  2. ESHA ANGGIANI XII MM 1

    belom tau pa mau ambil teknik apa belom ada ide....

    BalasHapus
  3. Shifa Fransiska XII MM 1

    yang mana ya saya masih bingung pak akan di pelajari dulu

    BalasHapus
  4. Bintang fathani

    Teknik panning:teknik panning merupakan salah satu teknik yang di gunakan untuk membekukan benda yang bergerak.
    Teknik panning biasanya harus fokus tajam terhadap objek yang akan diambil/difoto,biasanya saat kita lebih fokus keobjek.
    Obejk" yang lain terlihat seperti blur

    BalasHapus
  5. AMANDA NURAENI XII MM 1
    saya belum tau ngambil teknik yang mana pak masih labil

    BalasHapus
  6. WISYA SALSABILA XII MM 1
    Saya mau buat teknik tilting pak, karna udah ada konsep yang mau saya buat

    BalasHapus
  7. ABYAN NAUFAL FAWAZ XII MM 1

    Saya pakai tehnik panning pak

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Yola Aulia Sulistiawati (XII MM1)

    Teknik tracking
    Alasannya saya sudah mendapatkan ide apa yg ingin saya buat.

    BalasHapus
  10. Yohana Oktapiani 12 mm1

    Teknik fallowing shoot / panning, karena suka

    BalasHapus
  11. Adinda Tyas Syabilla XII MM 1

    Saya mau pakai teknik panning pak..

    BalasHapus
  12. Safdha Herayani XII MM 1

    saya pakai teknik panning pak

    BalasHapus
  13. Dea Sartika XII MM 1

    teknik fallowing shoot/tilting

    BalasHapus
  14. Muhammad najmul akhyar XII MM1

    Teknik panning pak

    BalasHapus
  15. PUTRI SYAHDA KALIFAH XII MM 1

    Teknik Fallawing shoot karena saya sudah punya ide buat bikin vidio seperti apa

    BalasHapus
  16. Cahya meta arsila XII Mm1

    Teknik tilting pa
    Karna saya suka aja

    BalasHapus
  17. Dwi Asti aurini XII MM 1

    Saya menggunakan teknik panning pak

    BalasHapus
  18. Serlyana sari XII MM 1

    Saya pakai teknik panning pak

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. SYAKIRAH KAUTSARI DENTY

    memakai teknik panning,tapi gatau juga :v

    BalasHapus
  21. Enggar Prasetyo Pamungkas XII MM 1

    panning

    BalasHapus
  22. Fatima Tuzzahro XII MM1

    Saya masih bingung pak mau pakai teknik yang mana,mungkin teknik panning pak

    BalasHapus
  23. DIO APRILYADI XII MM 1

    Teknik Tracking, alesannya karna menurut saya teknik ini cukup lumayan susah tetapi sangat puas untuk di pelajari. sebab untuk memakai teknik ini kamera tidak hanya diam di satu titik tetapi harus bergerak maju atau mundur dari objek atau melewati objek, karna saat kamera bergerak, di situ titik susah untuk menstabilkan kamera agar hasil video tidak ancur atau jelek

    BalasHapus
  24. Novita fauzatul ulya Xll mm1
    Mungkin Teknik panning atau teknik tilting pak

    BalasHapus
  25. Rifani dila septiana xii.mm1. maaf telat pa, mungkin teknik panning pa

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Aziza Rossa Daud, XII MM2

    Saya masih bingung pak mau pakai teknik yang mana, karena semua teknik yg ada membuat saya ingin mencoba nya terlebih dahulu (langsung dipraktekkan). Baru saya bisa memutuskan untuk memakai teknik yang mana nantinya untuk tugas ini.

    BalasHapus
  28. XII MM 2
    Saya ingin menggunakan teknik Tilting karena saya lebih suka teknik ini dan saya memiliki bayangan untuk membuat video dengan teknik ini.

    BalasHapus
  29. Mohon maaf pak saya belom tau mau ngambil teknik mana saya masih labil pak 🙏

    BalasHapus
  30. siska XII MM 2
    saya ingin menggunakan teknik panning

    BalasHapus
  31. Diana XII MM2
    Maaf pak saya belum tau di karnakan masih bingung dan saya belum memahami tekniknya

    BalasHapus
  32. Asya Sabrina Nur Amelia XII MM2

    Saya akan memakai teknik panning/tilting pak, dikarenakan kedua teknik tersebut membuat saya tertarik untuk mencobanya.

    BalasHapus
  33. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  34. Dyah Masdyah XII MM 2

    Assalamualaikum pa,saya memilih menggunakan teknik panning karena saya memiliki gambaran menggunakan teknik ini.

    BalasHapus
  35. Widya Lestari XII MM2

    Teknik tilting pak tp mau coba panning

    BalasHapus
  36. Alzeera Dinda Buzaar XII MM 2

    Saya akan menggunakan teknik panning atau tilting pak, karena saya sudah mendapatkan sedikit gambaran untuk menggunakan salah satu dari teknik tersebut.

    BalasHapus
  37. Nurlita XII MM2

    saya mau menggunakan teknik panning atau tilting pak. Saya tertarik dengan teknik itu:*

    BalasHapus
  38. AIRIA SEMA XII MM 2
    Saya akan menggunakan tekhnik panning atau tekhnik tilting karna sudah ada gambaran dari tekhnik itu

    BalasHapus
  39. Riana pramono XII MM 2
    saya mau pakai teknik tilting pak, karena saya tertarik sama teknik nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. gajadi dah pak, saya pakai teknik panning saja

      Hapus
  40. Lintang Aulia Safitri Xll MM2

    Saya akan menggunakan teknik panning atau teknik tilting saya akan menggunakan salah satu teknik itu karna saya tertarik dengan teknik itu

    BalasHapus
  41. Wahyu Budi Santoso XII MM 2

    Saya mau pakai teknik panning pak

    BalasHapus
  42. SIFA FAUZIAH XII MM2

    Saya akan menggunakan teknik panning pak

    BalasHapus
  43. FAISYAH FAHIRA XII MM2
    Saya akan menggunakan teknik panning atau teknik tilting karna saya tertarik untuk mencoba teknik tersebut.

    BalasHapus
  44. Silfi Cahyani XII MM 2
    Say akan menggunakn teknik panning atau teknik tilting karena saya tertarik dengan teknik tersebut

    BalasHapus
  45. PUTRI MISELIA XII MM2
    Antara panning atau tilting

    BalasHapus
  46. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  47. NOVIA DAMAYANTI
    Antara panning, tracking, tilting masih labil paa

    BalasHapus
  48. YULIA RAHEL
    Saya akan menggunakan teknik panning atau teknik tilting karna saya tertarik untuk mencoba teknik tersebut. Tpi blm pasti jga si pak

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. Untuk sekarang saya belum tau untuk menggunakan teknik apa pak

    BalasHapus
  51. Fitriani anisah h Xll mm 2
    Saya akan menggunakan teknik panning

    BalasHapus
  52. Ari eryan
    XII MM2

    belum pasti mau ngambil yg mana pak

    BalasHapus
  53. Siti Aisyah XII MM 1

    Teknik yang digunakan teknik panning

    BalasHapus
  54. ARYAVIA NILAM SARI XII MM 2
    Saya masih bingung pak mau pakai teknik yang mana,mungkin teknik panning pak atau tilting.

    BalasHapus
  55. NURLAILA ANGELIA PUTRI
    Saya masih bingung pak mau pakai teknik yang mana, mungkin panning pak

    BalasHapus
  56. RIZKY PRASETIO
    menggunakan teknik Tilting

    BalasHapus
  57. ILHAM PADILAH
    menggunakan teknik panning

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Dian Anggraini
    Menggunakan teknik panning

    BalasHapus
  60. Rizky Gilang Ramadhan
    XII MM 2

    Saya pakai teknik tracking

    BalasHapus