Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU): Menggabungkan Audio ke dalam sajian multimedia | TPAV Audio 1

08 September 2020

Menggabungkan Audio ke dalam sajian multimedia | TPAV Audio 1

 Menggunakan software audio digital 1


Mengoperasikan Software Penyunting Suara (Audio)

berikut ini adalah berbagai macam format atau ekstensi audio yang dapat dengan mudah ditemukan, yang umumnya dikenal oleh masyarakat antara lain :

1. MP3

MP3 adalah (MPEG, Audio Layer 3)  suatu format audio yang dikembangkan oleh Fraunhoper Institude dengan memiliki bitrate 128 kbps. Dalam waktu yang singkat MP3 menjadi format paling populer dalam dunia musik digital, sebab ukuran filenya yang kecil dan juga kualitasnya tidak kalah dengan CD Audio.

2. wav

Jenis-jenis format audio WAV adalah suatu format yang merupakan standar suara dari de-facto di Windows. Awalnya format jenis ini dijadikan jembatan untuk penghubung file yang akan dikonversi ke format yang lainnya. Tetapi seiring berkembangnya zaman, banyak para pengguna yang melewati tahap ini, pengguna dapat mengkonversi file secara langsung ke format yang diinginkannya. Format  ini jarang sekali dipakai sebab ukuran filenya yang lumayan agak besar.

3. ACC

AAC (Advanced Audio Coding) adalah suatu format audio yang menjadi standar untuk MPEG (Motion Picture Experts Group). Sejak standar MPEG-2 diberlakukan pada tahun 1997, sample rate yang ditawarkan sampai dengan 96 KHz atau 2 (dua) kali sample rate MP3 (MPEG, Audio Layer 3). Kualitas format audio dengan ini cukup baik sekali, bahkan pada bitrate yang paling rendah sekalipun. Salah satu pengguna format audio ini ialah iTunes, toko musik online besutan Apple dan juga piranti atau perangkat pendukung terkemuka untuk format audio ini juga berasal dari produknya Apple yaitu Ipod.

4. WMA

WMA (Windows Media Audio) adalah suatu format audio yang ditawarkan oleh perusahaan teknologi terbesar di dunia yaitu Microsoft Corporation. Format audio yang satu ini sangat disukai oleh vendor musik online sebab dukungannya terhadap DRM (Digital Right Management) yaitu suatu fitur yang dipakai untuk mencegah pembajakan musik. Selain itu, menurut isu atau gosip yang beredar format audio ini memiliki kualitas yang lebih baik dari pada formaat AAC maupun MP3.

5. Ogg Vorbis

Merupakan satu-satunya format audio yang garatis atau terbuka untuk umum. Kelebihannya ialah terletak pada kualitas audio yang tinggi walaupun pada bitrate rendah sekalipun.

5. Real Audio

Real Audio adalah suatu format audio yang sering ditemui pada bitrate rendah. Format jenis ini dikembangkan oleh RealNetworks, digunakan untuk layanan streaming audio pada bitrate 128 kbps atau lebih dengan memakai standar AAC MPEG-4.

6. MIDI

MIDI adalah suatu format audio yang biasanya digunakan untuk ringtone pada handphone, sebab ukuran filenya yang kecil tapi sayangnya format audio ini hanya cocok untuk suara yang dihasilkan oleh synthesizer.

Mengolah Suara dengan Adobe Audition

Adobe Audition adalah multitrack digital audio recording, editor dan mixer yang udah digunakan dan memiliki berbagai fasilitas pengolahan suara. Dengan Adobe Audition Anda dapat merekam suara, memperbaiki kualitas suara, menambahkan berbagai efek suara, dan menggabungkan dengan berbagai track suara menjadi satu track, dan menyimpannya dalam berbagai format. 

Adobe Audition banyak digunakan oleh musician recording master, demo cd, produser atau programing stasiun radio. Secara umum Adobe Audition memiliki dua lingkungan yaitu Edit View and Multitrack. View. Edit View sesuai namanya ditujukan terutama untuk menangani editing satu waveform saja pada satu saat. Sementara Multitrack View dapat menangani beberapa waveform sekaligus pada beberapa track. Anda dapat menggunakan kedua lingkungan ini secara bergantian pada tampilan terpisah. Latihan berikut akan memandu Anda untuk mengenal Adobe Audition yang dimulai dari lingkungan Edit Waveform View


Mengenal tampilan Edit View

Anda dapat menggunakan Edit View untuk merekam, memainkan, mengubah dan mengedit satu waveform. Juga, Anda dapat menambah efek suara hingga mengurangi noise.
Memainkan file suara

Untuk memulai latihan bukalah file audio yang kalian punya menggunakan menu File > Open. 

Karena stereo maka pada Waveform Display akan terlihat bentuk waveform yang terdiri dari dua bagian. Bagian atas menunjukkan channel kiri dan bawah berarti channel kanan. 


Anda dapat mendengarkan suara seluruh waveform dengan menekan tombol Play, dan Playback cursor akan berjalan dari kiri ke kanan. 

Menggunakan Zoom

Berikut latihan yang tidak kalah pentingnya yaitu bagaimana mengatur tampilan waveform agar dapat melihat waveform secara lebih detil. Secara umum Anda dapat mengontrol tampilan waveform secara horisontal dan vertikal. Secara horisontal Anda dapat menggunakan tombol Horisontal Zoom di bagian bawah layar, dan secara vertikal dengan tombol Vertical Zoom di bagian kanan layar.

Menggunakan Horisontal Zoom

Zoom In berguna untuk memperbesar tampilan waveform dari tengah pointer. Klik tombol Zoom In beberapa kali, maka tampilan waveform akan menjadi lebih detil



horizontal zoom


vertical zoom

Kebalikan dari Zoom In, Zoom Out berguna untuk mengembalikan tampilanwaveform. Klik Zoom Out beberapa kali. Dan Zoom Full berguna untuk menampilkan seluruh waveform.

Zoom to Selection berguna untuk memperbesar tampilan waveform pada bagian yang terseleksi saja. Anda dapat menyeleksi waveform dahulu, kemudian klik tombol Zoom to Selection. Zoom to Left of Selection/ Zoom to Right of Selection berguna untuk memperbesar tampilan bagian kiri/ kanan waveform yang terseleksi. 

 Zoom to Selection berguna untuk memperbesar tampilan waveform pada bagian yang terseleksi saja. Anda dapat menyeleksi waveform dahulu, kemudian klik tombol Zoom to Selection. Zoom to Left of Selection/ Zoom to Right of Selection berguna untuk memperbesar tampilan bagian kiri/ kanan waveform yang terseleksi. 
                 

 Menyeleksi Waveform

      Berikutnya Anda dapat menyeleksi sebagian waveform dengan klik tombol kiri dan drag ke kanan atau kiri. Maka akan terlihat blok dengan warna lain. Tekan tombol Play lagi untuk memainkan sebagian waveform. Anda dapat pula menyeleksi sebagian waveform pada salah satu channel dengan cara sama. Arahkan pointer ke bagian atas channel kiri untuk memilih channel kiri saja, atau bagian bawah channel kanan untuk memilih channel kanan saja. 

seleksi 2 channel


seleksi channel kiri


untuk menseleksi channel kiri, klik huruf  R pada sebelah kanan, untuk menseleksi channel kanan klik huruf L di sebelah kanan

untuk menseleksi semua wave bisa dengan menggunakan double klik pada wave tersebut







62 komentar:

  1. YOLA AULIA SULISTIAWATI (XII MM1)

    BalasHapus
  2. MUHAMMAD RIZKY ADRYAN FADILLAH XII MM 1

    BalasHapus
  3. DIVANI AZZARA AMEITA MARDIONO 12 multimedia 2

    BalasHapus
  4. Enggar Prasetyo Pamungkas XII MM 1

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Novita fauzatul Ulya XII MULTIMEDIA 1

    BalasHapus
  7. Wahyu Budi Santoso XII MULTIMEDIA 2

    BalasHapus